Wednesday, January 11, 2017

Prediksi Teknologi Terbaru dan Tercanggih Yang Bakal Ngetrend Hingga Tahun 2021, Nomor 5 Wow...

Salah satu perusahaan riset teknologi informasi, Gartner belum lama ini telah mengungkapkan prediksi Teknologi Terbaru dan Tercanggih yang bakal ngetrend di tahun 2017. Namun menurut beberapa referensi, perkembanganya akan berlangsung cukup lama bahkan hingga tahun 2012. 

Meski begitu, para pengemban nampaknya serius menggarap project teknologi baru ini. Salah satunya, Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan atau Advance Machine Learning yang kecerdasanya bisa mengimbangi otak manusia. 

Memang kalo dipikir hal tersebut  nampak “impossible” tapi bagi teknologi raksasa seperti Microsoft, Facebook, Apple, Amazon dan Google mampu direalisasikan dengan mudah. Pun, sampai sekarang mereka juga sudah memulai perlombaan demi mengembangkan algoritma berbabsi kecerdasarn buatan. Lebih lanjut, mari simak teknologi industry modern 2017 menurut Perusahaan Gartner. 

Prediksi Teknologi Terbaru danTercanggih Yang Bakal Ngetrend Hingga Tahun 2021

1. Adaptive Security Architecture
Merupakan teknologi berbasis IoT yang akan diimbangi oleh sistem keamanan baru sehingga dapat menciptakan solusi komunikasi lebih modern antara satu dengan lainya. Namun, dibalik proses adaptive ini, ternyata ada begitu banyak tantangan besar demi menyempurnakan perangkat tersebut. 
Adaptive Security Architecture
2. Mesh App and Service Architecture
Seiring dengan munculnya berbagai jenis aplikasi, membuat tim pengembang ingin memberikan kinerja optimal, gesit, dinamis dan fleksibel untuk menjamin pengalaman memuaskan bagi para pengguna. Maka dari itu, munculnya Mesh App ini diyakini mampu menggedor stabilitas layanan dan bakal menjadi trend di tahun 2017. 
Mesh App and Service Architecture
3. Digital Techonology Platforms
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang digitalism tentu fokus utama mereka adalah bussines ecosystems, IoT, analytics and intelligence, customer experience dan information sytems. Nah, dengan indentifikasi tersebut tentu saja pengembangan pada Digital Technology Platrforms adalah jawaban paling tepat untuk memenuhi kebutuhan para calon konsumen.
Digital Techonology Platforms
Baca artikel terkait Aplikasi Smartphone Yang Bikin "HOT" Di Ranjang
4. VR dan AR
Seperti diketahui bahwa bos besar Facebook ternyata sudah mulai mengembangkan teknologi VR dan AR yakni Virtual Reality maupun Augmented Reality meski pada kenyataannya belum maksimal. Disisi lain, pihak Gartner ikut memprediksi bahwa puncak ketenaran dua macam teknologi ini akan dimulai tahun 2021. Benarkah? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.
VR dan AR
5. Blockchain
Ya, merupakan buku besar dengan segala perlengkapan modern yang dapat diakses oleh semua publik. Jadi, disana pula tercantum semua tranksaksi melalui jaringan Bitcoin. Bahkan pihak pengemban akan menggabungkan sistem-sistem beragam sepertri database, middleware, manajemen moneter, identitas, keamanan sampai analisis/AI. 
Blockchain
6. Conversational System (CS)
Bentuk daripada CS ini dalah seperti Chatbot yang merupakan progam komputer dengan rancangan khusus sebagai simulasi sebuah percakapan. Jadi, komunikasinya akan terasa lebih interaktif terhadap pengguna baik itu lewat suara, visual maupun teks. 
Conversational System (CS)
7. Digital Twin 
Termasuk salah satu software dinamis dengan penggabungan sensor untuk merespon secara cepat terhadap lingkungan sekitar. Diprediksi, Digital Twin akan dipergunakan pada perusahaan-perusahaan besar semisal pabrik demi memperbaiki peralatan, perencanaan jasa hingga meningkatkan efisiensi. 
Digital Twin
8. AI dan Advanced Machine Learning
Dua sistem ini bisa dibilang memiliki kecerdasan yang luar biasa mulai dari memahami, memprediksi, beradaptasi, mempelajari serta berpotensi untuk berorientasi mandiri. Bukan hal mudah untuk mengembangkan AI maupun Advanced Machine Learning sehingga Gartner memperkirakan kedepan akan jauh lebih canggih dan banyak digunakan pada barang-barang elektronik, robot, kendaraan, smart advisors dan VPA Virtual Personal Assistans).
AI dan Advanced Machine Learning
9. Intelligent Things
Sesuai dengan namanya, perangkat ini umumnya  ditempatkan pada perangkat tertentu seperti kendaraan mandiri, drone dan smart appliances. Dengan mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning, diyakini dari tahun ke tahun akan terus bermunculan duplikat Intelligent Things demi menjadi solusi terbaik. 
 Intelligent Things
10. Intellligent Apps
Contoh kecil penerapan Intelligent Apps yakni pada virtual asisten dimana mampu mempermudah pekerjaan seseorang. Dikatakan, bahwa prediksi 10 tahun mendatang setiap aplikasi atau layanan akan menggunakan sistem ini, meski dalam jangka pendek saja berpotensi menjadi asisten utama dalam menyelesaikan pekerjaan kantor maupun tugas sehari-hari. 
Intellligent Apps
Demikianlah Prediksi Teknologi Terbaru dan Tercanggih Yang Bakal Ngetrend Hingga Tahun 2021 dan berpotensi akan membawa dampak positif di setiap lini perusahaan. Well, kalo benar-benar ada, manakah pilihan terbaik menurut anda? 



Load comments