Tuesday, January 14, 2014

Perkembangan Teknologi Informasi Zaman Modern

  Perkembangan Teknologi Informasi - Dari beberapa sumber terbesar termasuk google bahwa perkembangan teknologi informasi sudah semakin pesat dengan adanya penemuan - penemuan oleh para ilmuwan di dunia. Dan anda pun tak hanya menikmati perkembangan teknologi ini namun anda juga seharusnya mengetahui bagaimana perkembanganya sampai di zaman modern agar kita terinspirasi dan bisa menjadi penerus dari para ilmuwan yang telah mengembangkan teknologi informasi tersebut.

Inilah Perkembangan Teknologi Informasi Zaman Modern :

      2. Zaman modern (1400 M sampai sekarang)
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi yang lebih maju dimulai dari sini,tahun 1455 dimana Johann Gutenberg pertama kalinya dapat mengembangkan mesin pencetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi sehingga dapat diganti – ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
Pada tahun 1830 Augusta Lady Byron adalah orang yang pertama kali menulis progam komputer di dunia. Kerjasamanya dengan Charles Babbage mampu memasukan dan mengolah data hingga menghasilkan bentuk keluaran sebuah kartu dari mesin analyticalnya. Kini mesin itu dikenal sebagai komputer digital unutk yang pertama kali walaupun kerjanya lebih bersifat mekanis.
Perkembangan Teknologi Informasi

Berlanjut pada tahu 1837 Samuel Morse, Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone mulai mengembangkan telegraf dan bahasa ode morse untuk mewakili pesan – pesan yang dikirimkan menggunakan pulsa listrik yang melalui kabel tunggal. Namun masih terdapat kelemahan dari pengiriman sinyal tersebut yang hanya mampu mengirimkan sinyal pada jarak 32 km saja dan jika jaraknya lebih jauh maka sinyal tersebut akan mulai melemah. Sehingga para ilmuwan kemudian berinisiatif membangun peralatan relai yang terdiri dari sakelar dan dioperasikan secara elektromagnetik yang ditempatkan pada setiap jarak 32 km untuk mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya ke 32 km berikutnya. Sistem telegraf inilah yang digunakan untuk bisnis dalam pengiriman jarak jauh dan secara cepat seperti pesan untuk perjalanan kereta api dan pengiriman surat kabar.

Kemudian Perkembangan Teknologi Informasi pada tahun 1877 Alexander Graham Bell menciptakan telepon untuk pertama kalinya. Yang pada tahun 1879, sistem ini mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama dan berfungsi untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem ini menggunakan huruf dan angka, yang mana nomor telepon menggunakan 2 huruf dan 5 digit angka.
Perkembangan Teknologi Informasi

Beranjak di tahun 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro sensus Amerika pada tahu 1880. Cara kerjanya yaitu data sensus tersebut diolah oleh alat tersebut secara mekanik yang mana setiap kartu perforasi dapat menyimpan hingga 80 variabel. Hasil yang didapat pun sangat menakjubkan bahwa data sensus tersebut dapat terselesaikan hanya dalam 6 minggu yang biasanya diolah dengan manual harus butuh waktu 10 tahun.

Pada tahun 1931, Vannevar Bush sudah menciptakan sebuah kalkulator penyelesaian persamaan differensial. Mesin yang bisa menyelesaikan persamaan kompleks hingga yang rumit sekalipun. Namun mesin ini begitu berat dan besar karena adanya ratusan gerigi serta porosnya. Lalu ditahun 1939 Dr. John V. Atanasoff bersama Clifford Berry telah berhasil menemukan komputer elektronik digital untuk pertama kalinya. Mulai dari sinilah komputer tersebut mengalami perkembangan yang semakin canggih.

Ditahun berikutnya 1973 hingga 1990istilah internet diperkenlakna dalam sebuah paper tentang IP/TCO (internet working) yang idartikan sebagai rangkaian komputer terhubung dengan beberapa rangkaian. Hingga diawali tahun 1969 ARPA (united states department of defense advanced research project agency) membangun ARPANET dan dapat menyumbang penyelidikan diantaranya kaedah rangkaian tapa pusat, teori queueing dan pertukaran paket. Ditahun 1981 National Science Foundation juga mengembangkan CSNET dengan kapasitas 56 kbps untuk institusi pemerintahan. Dan pada tahun 1983 ARPANET mulai menukar rangkaian pusat NCP ke TCP/IP yang merupakan awal internet yang telah kita kenal saat ini. Lalu pada tahun 1986, IETF juga mengembangkan server yang berfungsi untuk alat koordinasi diantara ARPANET, DARPA, Internet Gateway dan DDN y sehingga internet dapat menyambungkan ke beberapa pengguna jaringan komputer yang ada pada tahun 1990.


Dan akhirnya pada tahun 1991 hingga sekarang Perkembangan Teknologi Informasi Zaman Modern di bidang IT pertama kali terjadi pada saat CERN memungut bayaran dari para anggotanya dalam menanggulangi biaya operasionalnya hingga pada 1992 terbentuklah komunitas internet yang disebut dengan istilah WWW (world wide web) oleh CERN. Kemudian pada 1993, NSF juga membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database oleh AT dan T, jasa informasi oleh General Atimics/CERFnet dan jasa registrasi oleh Network Solution Inc. Sehingga Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi kian maju dan merambah ke berbagai segi kehidupan manusia serta menjadi hal yang tak bisa dipisahkan pada tahun tahun 1994. Lalu perusahaan umum pun sudah mulai diperkenankan untuk menjadi provider dengan membeli jaringan backbone pada tahun 1995 dan menjadi langkah awal perkembangan teknologi informasi dan penelitian – penelitian demi mengembangkan sistem ini khususnya dibidang internet.
Tentunya kita sangat mengapresiasi perjuangan para ilmuwan maupun perusahaan yang telah berperan penting dalam Perkembangan Teknologi Informasi di Zaman Modern ini sehingga kita sudah bisa menikmati teknologi - teknoogi yang sudah sangat maju samapai saat ini. Semoga bermanfaat

Load comments