Seputar Blogging, Bisnis Online, Teknologi dan Informasi Terkini

Tuesday, March 7, 2017

Simpel, Cara Membuat Barcode di Excel dan Word Tanpa Software Apapun

Sebenarnya Cara Membuat Barcode di Excel dan Word tidak membutuhkan bantuan aplikasi atau software meskipun memakai office dibawah 2010 di komputer anda, tetap bisa terealisasi asalkan mengikuti toturial yang nantinya akan dibahas lengkap. Sebelum berlanjut, mari sedikit mengulas tentang pengertian Barcode itu sendiri. 

Barcode merupakan sebuah kota batang atau kode palang yang terdiri dari kumpulan data-data tertentu agar bisa dibaca oleh mesin scanner. Umumnya, berbentuk spasi garis-garis parallel dan tak jarang disebut juga dengan simbiologi linear (1 dimensi).
Cara Membuat Barcode di Excel dan Word
Pernah berbelanja di supermarket? Ya, hampir sejumlah swalayan modern menerapkan kode barcode di setiap barang mereka untuk dideteksi satu-persatu saat masuk billingan. Salah satu tujuanya, supaya proses perhitungan berjalan cepat dengan memanfaatkan kode batang tersebut. Pun sampai sekarang, penggunaan barcode telah menyebar  ke berbagai belahan dunia bahkan fungsinya semakin banyak. 

Berikut Kegunaan Barcode 

1. Untuk keperluan kartu anggota ritel
Seringkali toko-toko ritel di seluruh dunia memanfaatkan kode batang  untuk mengidentifikasi konsumen yang telah menjadi anggotanya (member). Contohnya alat olahraga, peralatan kantor, factory, obat-obatan hingga kosmetik. 

2. Sebagai hyoerlink ke halaman webpage
Mungkin, anda pernah melihat beberapa 2D kode batang tercantum di website perusahaan. Dengan melakukan scan melalui HP android saja, anda bisa langsung terhubung dengan pihak terkait. 

3. Pengkodean setiap barang
Seiring berjalanya waktu, beberapa toko grosir maupun department store telah memaksimalkan penggunaan kode batang UPC. Menurut mereka, hal ini sangat membantu terutama dalam melacak keseluruhan item yang akan dibeli oleh konsumen. Artinya harga dan data bisa muncul otomatis di billingan. 

4. Melacak gerakan  item
Ternyata persewaaan mobil, bagasi maskapai penerbangan sudah sejak lama menggunakan standar IATA 3D kode batang di boarding pass (BCBP) untuk melacak pergerakan item. 
Baca artikel terkait Ada Yang Belum Tahu? Begini Cara Mengetahui Identitas Pemilik Nomor HP

5 Jenis Barcode Yang Sering Dipakai

1. Barcode untuk non retail
Yang termasuk kepentingan-kepentingan non retail misalnya pelabelan buku di perpustakaan atau sejenisnya. Tipenya adalah menggunakan barcode Code 39

2. Barcode untuk keperluan farmasi
Jelas, bahwa penggunaan kode batang disini supaya dapat mengidentifikasi setiap produk obat-obatan. Salah satunya barcode jenis HIBC.

3. Barcode untuk penerbitan
Maksudnya adalah barcode  yang melabeli suatu penerbitan produk. Sebagai contoh, adanya ISSN di sebauh buku. 

4. Barcode untuk retail
Umumnya dipergunakan dalam melabeli produk-produk yang dijual di supermarket atau swalayan modern. Sedangkan jenisnya adalah barcode UPC (Universal Price Codes)

5. Barcode untuk packaging
Yakni dipakai dalam pengiriman barang seperti beberapa ekspedisi JNE, TIKI, Kantor Pos dan sebagainya. Adapun jenisnya bertipe ITF. 

Sudah paham kan? Kini, saatnya mempratekkan cara membuat barcode tanpa bantuan software berbayar atau gratis sejenis Free Barcode Generator, Free Shipping Manager, Barillo Barcode Software, BarTender Profesional, Nice Label Designer Pro atau Barcode label Maker. 

Sebagai catatan, pembuatan barodenya mengacu pada jenis yang pertama yaitu tipe Code 39. Yuk, simak langsung langkah-langkahnya.  

Cara Membuat Barcode di Excel Tanpa Software

1. Donwload terlebih dahulu font free barcode bertipe Code 39 lewat link berikut https://www.barcodesinc.com/free-barcode-font/. Nanti akan muncul web seperti dibawah dan download.
fonts barcode tipe Code 39
2. Kemudian buka ekstrak filenya dan tekan ALT+E secara bersamaan. 
font barcode

3. Tekan ALT+E secara bersamaan agar muncul gambar seperti berikut. Ketik tulisan di “Destination path (will be created if does not exist) berfomat C:\Windows\Fonts seperti gambar dibawah. Atau kalo ingin cara kedua, copas saja 2 fonts barcode di bagian Folder Fonts yang berada di local Disk C. 
penyimpanan font barcode di local disk C
4. Lalu tekan OK

5. Saatnya menjalankan Microsoft Exel dan ketikan angka atau huruf sesuka anda. Misalnya 12345, lalu blok dan ganti font dengan Free 3 of 9. 
contoh barcode yang dibuat dari ms excel
6. Jangan lupa ganti ukuran fonts lebih besar agar hasilnya terlihat jelas. 

7. Jika ingin hasil barcode dapat terbaca oleh siste scanner, huruf atau angka wajib diapit oleh tanda bintang. Maka, jadinya seperti ini *12345*. Coba lihat perbedaan antara gambar diatas sama gambar berikut. 
hasil barcode setelah diberikan tanda bintang

Cara Membuat Barcode di Word  Dengan Mudah

1. Teknisnya sama seperti diatas, hanya anda perlu menjalankan Ms Word terlebih dahulu.
pembuatan barcode di ms word
2. Kemudian ketikkan angka atau huruf apapun. Misalkan 09876

3. Lalu ganti font dengan Free 3 of 9 dan perbesar ukuranya. 
hasil barcode pada ms word
4. Jadilah barcode yang sesuai keinginan anda. Gampang bukan?

Cara Membuat Barcode di Excel dan Word mudah sekali  kok dan tentunya tak butuh waktu lama. Jika anda bekerja di lingkunan pendidikan, sepertinya kode batang tersebut pasti suatu saat akan berguna untuk melabeli berbagai inventaris sekolah, kode surat-menyurat, data penting hingga arsip kepegawaian. 

Disamping itu, anda juga bisa mengaplikasikanya di Microsoft Offie lainya semisal PowerPoint, Acces dan sebagainya karena prinsipnya sama. Semoga bermanfaat dan terima kasih.



Simpel, Cara Membuat Barcode di Excel dan Word Tanpa Software Apapun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deny Ir

0 komentar: