Monday, March 27, 2017

Trik JADUL ternyata WORK! Cara Mematikan Komputer Otomatis Dengan Timer

Cara Mematikan Komputer Otomatis Dengan Timer - Adanya kesibukan sehari-hari, terkadang anda pun lupa mematikan komputer padahal sangat penting mengingat jika komputer atau laptop dibiarkan terlalu lama menyala justru akan berdampak buruk pada komponen – komponen didalamnya. 
Cara Mematikan Komputer Otomatis Dengan Timer
Untuk itulah, trik sederhana ini kembali dibahas sekaligus mengingatkan bahwa tips mematikan komputer secara otomatis sangat mudah dipraktekkan tanpa harus melewati progam START yang berada di bagian kiri bawah. 

Apakah ada yang tahu? Ya, benar sekali dengan memanfaatkan progam RUN maka anda bisa mengatur timer sendiri misalkan setelah 30 menit, 1 jama atau bahkan 2 jam setelah perintah shutdown diberikan. Masih bingung? Tenang, penulis akan berikan tutorialnya langsung, simak baik-baik ya.

Cara Mematikan Komputer Otomatis Dengan Timer

1. Klik START lalu pilih RUN, atau jika ingin jalan pintas cukup kombinasikan lambang windows+huruf R maka akan muncul jendela run seperti ini.
progam RUN pada komputer
2. Kedua, ketik perintah seperti berikut 
shutdown.exe –s –t 60
perintah shutdown otomatis dengan timer
Adapun makna dibalik perintah diatas yaitu
Shutdown.exe = merupakan progam shuttingdown atau proses awal mematikan komputer
-s = merupakan perintah untuk mematikan komputer
-t = waktu yang dibutuhkan untuk mematikan komputer secara otomatis
60 = jumlah hitungan waktu dalam detik (60 detik : 1 menit) 

3. Tinggal tunggu sampai 1 menit dan komputer atau laptop akan segera mati dengan sendirinya. 

Catatan kecil: anda tinggal mengatur waktu yang diinginkan untuk mematikan komputer secara otomatis dimulai saat menekan tombol ENTER. Disisi lain, trik simpel diatas bisa berguna pula dalam memanajemen waktu saat berada di depan komputer atau laptop.
Baca artikel terkait Fungsi Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui!
Ada beberapa catatan tambahan terutama bila ingin mencoba perintah me-restart komputer juga sangat mudah yakni tinggal mengganti “-s” dengan “-r” atau ingin perintah hibernate komputer lewat penggantian huruf “-s” dengan “h” dan masih banyak lagi.  

Kalo ingin buktinya, coba sekarang anda langsung mempraktekkan trik jadul Cara Mematikan Komputer Otomatis Dengan Timer, dijamin WORK! Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa like dan share agar orang lain dapat mengetahui dan ikut menerapkanya. Terima kasih. 


Load comments