Seputar Blogging, Bisnis Online, Teknologi dan Informasi Terkini

Friday, March 10, 2017

Apa Itu Tempered Glass, Benarkah Hanya Anti Gores Biasa?

Pada kesempatan kali ini mari mengupas tuntas Apa itu Tempered Glass secara mendetail. Tahukah anda bahwa Tempered Glass merupakan antigores berbahan kaca float berkualitas tinggi. Melalui proses pemanasan thermal, kaca tersebut dipanaskan hingga titik lunaknya lalu didinginkan dengan cepat. Oleh karena itulah kekuatanya jauh lebih besar 4 sampai 5 kali lipat daripada kaca biasa bahkan tahan terhadap benturan, tekanan maupu perubahan suhu ekstrim. 

Disisi lain, punya sifat keamanan paling efektif sehingga menjadi salah satu primadona terfavorit di kalangan Screen Protector. Kalo pun kaca tempered pecah hanya akan berubah menjadi serpihan pecahan kecil-kecil dan tidak tajam seperti halnya kaca biasa. 

Apa Itu Tempered Glass
Lantas, apakah Tempered Glass hanya anti gores biasa? Tidak, pelindung layar gadget ini bisa dikatakan paling gahar diantara lainya. Meski begitu tetap ada kelebihan dan kekurangan di setiap jenis anti gores. 

Pentingkah Menggunakan Tempered Glass?

Jika anda bertanya seperti itu, jelas bagi yang memiliki smartphone atau gadget mahal, pelindung tempered glass punya peranan besar untuk menjaga sekaligus melindungi bagian layar sentuhnya. 

Berguna pula sebagai pelindung layar dari benturan, tekanan atau jatuh dari ketinggian tertentu. Nah, yang jadi masalah sekarang, bagaimana memilih Tempered Glasss yang berkualitas? Sebenarnya gampang kok, tinggal anda mencocokkan bentuknya apakah sesuai dengan gagdet atau tidak. Bila ia, maka kemungkinan besar pilihan anda sudah tepat, begitu sebaliknya. 

Namun perlu diingat, harga Tempered Glass seringkali dipatok cukup murah sehingga banyak orang tergiur untuk membelinya dalam jumlah banyak. Padahal, belum tentu semuanya real (asli) sehingga anda harus benar-benar memilih jenis yang asli supaya dapat melindungi layar gadget atau smartphone dalam jangka panjang. 

Terlepas dari informasi diatas, tipe pelindung layar smartphone sebenarnya terbagi menjadi 3 yakni anti gores biasa, anti glar dan tempered glass. 

Pertama, anti gores biasa umumnya dijual bebsar di berbagai konter hp maupun pasar swalayan. Terbuat dari plastik pelindung sehingga lebih rentan tergores dan terkelet.

Kedua, anti glare merupakan antigores bewarna gelas dengan kegunaan utama menjaga layar gagdet disamping juga melindungi ketika ada orang yang ingin melihat layar smartphone anda dari samping (orang yang pengen kepo). 

Ketiga, tempered glass dengan banyak keunggulan dimana salah satunya terbuat dari kaca keras yang mampu melindungi layar gadget dari ancaman apapun (goresan, jatuh, tekanan dan lain-lain). Artinya, antigores ketiga ini bisa dijadikan pilihan utama mengingat kualitasnya memang tak perlu diragukan lagi. 
Baca artikel terkait Yuk Mengenal Lebih Dekat Pengertian CMD dan Fungsinya 

Kelebihan dan Kekurangan Tempered Glass

Kelebihan dan Kekurangan Tempered Glass
Kelebihan
1. Mudah dalam proses pemasangan
Karena bentuknya lumayan kaku, mempermudah untuk proses pemasangan dan meminimalkan masuknya gelembung udara pada layar gadget. 

2. Tahan terhadap goresan benda tajam
Berbahan baku kaca keras, membuat tempered glass tahan pada goresan termasuk benda tajam sekalipun. 

3. Tidak mempengaruhi tingkat sensitifitas layar
Walau terbuat dari kaca, modelnya yang tipis tentu tidak akan mengganggu tingkat sensitifitas layar gagdet anda.
  
4.  Anti noda
Benar saja, mengingat sifat tempered glass itu licin (terdapat lapisan oleophobic coating) menjaga layar dari noda apapun yang menempel. Jadi, anda tidak susah-susah untuk membersihkanya. 

5. Lebih hemat
Daripada anda beli antigores biasa, lebih baik langsung menggunakan tempered glass karena sudah terjamin kualitasnya. Dengan begitu, cukup satu kali pemasangan bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Namun ingat, jangan sampai asal pilih! 

Kekurangan
1. Mudah retak
Mengingat bentuknya cukup kaku, ketika ada kesalahan saat pemasangan atau pelepasan sangat berpotensi untuk retak. Sedikit saja ceroboh maka sifat kaca tempered akan berubah. Oleh karena itu, jangan gegabah saat pertama kali memasang atau melepasa tempered glass di layar gadget anda. 

2. Tidak bisa dipotong
Berbeda dengan antigores pada umumnya, tempered glass sejatinya tidak bisa dipotong atau dilubangi karena memang demikian sifatnya. Jadi, pastikan selalu model serta ukuran yang sesuai terhadap layar gadget supaya tidak ada kesalahan sedikitpun. 

3. Mahal
Bahwa tempered glass yang asli memiliki harga mahal di kisaran 100-500 ribu. Selain itu, tergantung pula pada ukuran layar gadget. Semakin besar maka semakin tinggi harga antigores tersebut. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Apa Itu Tempered Glass, fungsi utama dan beberapa kelebihan maupun kekuranganya. Kini, bagi pengguna gagdet atau smartphone yang ingin meningkatkan safety pada layar maka tempered glass bisa menjadi solusi tepat. Ingin tahu lebih banyak? dibawah ini ada beberapa produknya, barangkali anda berminat atau langsung membelinya. 


Apa Itu Tempered Glass, Benarkah Hanya Anti Gores Biasa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mak lampir

0 komentar: