Tuesday, February 28, 2017

Gimana Sih Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer?

Seringkali banyak orang mengabaikan Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer, padahal kita tahu bahwa mata merupakan salah satu panca panca indra paling penting bagi manusia. Meski komputer/laptop menjadi barang yang mampu membantu kehidupan sehari-hari entah itu belajar untuk bermain game namun dampak negatif yang ditimbulkan sangatlah berbahaya apalagi bersangkutan dengan kesehatan mata.

Tak hanya itu saja, berkurangnya aktivitas tubuh tentu membuat anda kurang maksimal dalam membakar kalori sehingga timbulah kegemukan atau bahkan obesitas. Jadi, jika anda salah satu pengguna komputer maka jauh lebih baik untuk memperhatikan kesehatan mata agar terjaga dengan baik. 
Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer
Tahukah bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan layar komputer dapat memperburuk kondisi tubuh secara keseluruhan dan biasanya orang-orang yang lama duduk d idepan komputer akan merasakan sakit kepala, pusing, sakit leher, nyeri pinggang, pegal dan lain lain. Nah, demi menghindari hal-hal tersebut, simak langsung tips berikut ini.

Ini Dia 12 Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

1. Perhatikan Jarak Pandang Mata
Aturlah jarak mata sedemikian rupa supaya tidak terlalu dekat sehingga membuat mata anda tidak cepat lela. Idealnya jarak pandang mata dengan monitor/komputer itu antara 50-100cm.

2. Alihkan Pandangan
Maksudnya disini adalah saat menatap monitor pada satu objek tertentu usahakan mengalihkan pandangan sejenak dengan melihat lingkungan sekitar. Terutama pepohonan hijau atau keluar rumah demi menjaga kesehatan mata. Selain itu juga dapat mengusir pusing yang terkadang hinggap ke kepala anda.

3. Bekerjalah di Ruang yang Cukup Cahaya
Penerangan ruangan sangatlah penting jadi gunakan cahaya lampu tidak terlalu suram maupun terlalu gela. Dianjurkan memakai kerai agar bisa mengatur cahaya dari jendela kemudian hindari menatap cahaya secara langsung.

4. Gunakan Screen Protector
Tujuan utama memasang screen protector di monitor yakni untuk mengurangi pancaran radiasi yang langsung menuju ke mata anda sehingga mata pun tidak cepat lelah ataupun blur saat melihat layar komputer.

5. Kurangi Kecerahan Layar Monitor
Pasti sudah pada tahu kan, sinar pada layar monitor sangat berpengaruh terhadap fleksibilitas mata. Anda bisa buktikan sendiri, saat memandang layar berjam-jam dengan kondisi kecerahan maksimal biasanya penglihatan akan menjadi sedikit kabur bahkan menjalar ke efek kepala pusing. Oleh karenanya seimbangkan cahaya lampu dengan cahaya monitor anda dengan tidak terlalu terang maupun tidak terlalu gelap demi menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer
Baca artikel terkait Duduk Terlalu Lama Berbahayakah?
6. Istirahatkan Mata
Secara normal mata manusia akan berkedip sebanyak 18 kali selama 1 menit namun ketika Menatap layar monitor Anda pasti merasa jarang sekali berkedip. Maka mengistirahatkan mata menjadi langkah yang paling efektif diantara lainnya untuk menjaga kenormalan sekaligus menghindari kelelahan atau iritasi. Berapa waktunya? Minimal 5 menit saja tanpa menghadap komputer. 

7. Aturlah Posisi Monitor
Mengapa hal ini penting? Karena posisi monitor membentuk sudut antara 10-15 derajat yang sejajar dengan pandangan lurus anda, dapat menjaga agar bahu dan leher lebih nyaman untuk bekerja di samping tidak cepat melelahkan mata. 

8. Bekerjalah Dengan Font Normal atau Besar
Gunakan huruf-huruf ideal dengan ukuran font 12 pada monitor agar penglihatan mata lebih jelas saat mengedit tulisan. Barulah kemudian Anda bisa mengembalikan format tulisan tersebut ke ukuran semula

9. Perbanyak Minum Air Putih
Ternyata minum air putih dapat memfokuskan pekerjaan anda di depan layar komputer. Disisi lain, tentu agar mata tercukupi kebutuhan nutrisinya sehingga tidak gampang lelah setelah bekerja seharian penuh. 

10. Konsumsi Buah dan Sayuran
Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan mat. Jadi perbanyak mengkonsumsi buah ataupun sayuran jika anda sering bekerja di depan komputer.

11. Penuhi Kebutuhan Vitamin A
Vitamin A merupakan vitamin terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karenanya, bagi anda para pekerja kantor yang selalu berhadapan dengan komputer sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin tersebut, sebagainya contohnya buah wortel. 

12. Periksakan Mata Anda
Agar tahu bagaimana kondisi mata setelah bekerja terus-menerus di hadapan komputer, maka lakukan medical check up karena hal ini termasuk langkah efektif demi mengetahui apakah ada gangguan mata atau tidak. Lakukan paling tidak 3 bulan sekali untuk berkonsultasi ke poliklinik atau langsung ke dokter spesialis mata.

Mudah bukan? Tidak akan ada ruginya ketika anda mengikuti Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer karena semuanya bertujuan baik. Sekarang tergantung keputusan anda, ingin tetap sehat atau terkena ganggaun mata? Semoga informasi diatas bermanfaat. 


Load comments